Guru di Lamsel Raih Penghargaan Apresiasi GTK Inovatif dari Disdik Provinsi Lampung

Tintarakyat – Lampung Selatan

Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di Kabupaten Lampung Selatan Raih Penghargaan Apresiasi GTK dari Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Tahun 2023, dalam katagori GTK Inovatif. Setelah mengikuti seleksi tahap satu wawancara secara Daring, seleksi tahap dua Wawancara secara langsung dan di tetapkan tiga besar sekaligus pemenangnya pada 4 November 2023 dan penyerahan Anugerah Penghargaan pada Senin 6 November 2023 di Hotel Aidia Kota Metro.

Kegiatan tersebut di gelar Kemendikburistek, dalam momentum Hari Guru Nasional Tahun 2023  memberikan apresiasi kepada GTK yang inovatif, inspiratif, dan dedikatif serta apresiasi peserta didik kepada gurunya dalam menerapkan Kurikulum Merdeka pada konteks pendidikan berkualitas.

Pada tahun 2023 berkembang menjadi 4 kategori. Kategori yang ada adalah GTK Inovatif, GTK Dedikatif, GTK Inspiratif, dan Terima Kasih Guruku.

Dari Dinas Kabupaten Lampung Selatan Penghargaan GTK Inovatif diraih guru TK Tunas Ceria (Tanjung Bintang) dan GTK Inovatif guru SMP Al- Huda (Jati Agung).

Hal itu di ungkapkan Kepala Bidang GTK Kabupaten Lampung Selatan Andwika, S.STP mewakili Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan Asep Jamhur., SE., MM

kepada tim Ikatan Wartawan Online Indonesia ( IWO-I) Kabupaten Lampung Selatan di ruang kerjanya. Selasa (07/11/2023).

Mewakili Plt. Kadis Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan, Andwika kepada tim IWO-I Lamsel mengatakan.

”Untuk Apresiasi GTK yang masuk ke Dinas Pendidikan baru tahun ini, kalau tahun tahun lalu ada yang namanya Guru Berprestasi, penyaringannya oleh Dinas Pendidikan Kabupaten. Kalau sekarang GTK ini langsung dari Kemendikburistek.

Mereka daftar sendiri, apload sendiri . Jurinya Pun di tentukan oleh BGP (Balai Guru Penggerak ) Provinsi.

BGP adalah Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek)”. Terangnya

Dikatakannya tiga tahun tidak ada kegiatan, baru di mulai kembali tahun 2023, Namun formatnya berbeda.

”Untuk tahun tahun lalu ada pendampingan dari Pengawas Dinas Pendidikan, sementara di tahun 2023 ini tidak ada.  Nanti kalau dari Provinsi ada yang tembus ke Nasional, dari Kemendikburistek memberitahukan ke Dinas Pendidikan Kabupaten, bahwa atas nama guru yang dimaksud untuk mengikuti seleksi Nasional GTK. Selanjutnya dari Dinas Pendidikan mengeluarkan SPT”. Pungkas Kabid GTK Lamsel. 

Apresiasi GTK dalam rangka Hari Guru Nasional 2023 merupakan upaya pemerintah melalui Kemendikbudristek memberikan penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan.

Penghargaan diberikan kepada GTK yang telah memberikan pelayanan Pendidikan secara baik bagi murid serta memiliki semangat belajar, berkarya, dan berbagi sesuai dengan visi Merdeka Belajar. Memiliki praktik baik dalam mengimplementasikan  kepemimpinan/pendampingan/implementasi transformasi pendidikan yang dapat menginspirasi para guru dan tenaga kependidikan lainnya. (Tim IWO-I Lamsel/4d1).

#penghargaangtk #guru # disdiklamsel #disdikprivinsi #hgn2023
Komen (0)
Tambah Komen