Puskesmas Kalianget Skrining Perilaku Merokok Di Kalangan Pelajar SMPN 1 Kalianget

Sumenep – madura.tintarakyat.Com, Tren remaja perokok setiap tahun terus mengalami peningkatan. Karbon monoksida yang terdapat dalam asap rokok memiliki sifat beracun dan karsinogen yang dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Pada Senin 27 Februari 2023 Puskesmas Kalianget meningkatkan sosialisasi bahaya merokok dan melakukan skrining perilaku merokok di kalangan pelajar agar anak remaja dan anak usia dini terhindar dari kebiasaan tersebut, kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 1 Kalianget Kabupaten Sumenep dari pukul 07:00 BBWI sampai selesai.

Achmad Mubaroq, A. Md. Kep Koordinator Program PTM Puskesmas Kalianget Menjelaskan “ skrining perilaku merokok ini dengan sasarannya adalah seluruh siswa SMPN 1 Kalianget”.

Sosialisasi dan skrining perilaku merokok itu dilaksanakan Pemegang Program PTM (Penyakit Tidak Menular) dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Puskesmas Kalianget, terhadap anak setingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP).

“Sosialisasi dan skrining ini untuk menganalisis hubungan pengetahuan tentang dampak buruk merokok yang sangat merugikan bagi kesehatan. tidak saja dilakukan oleh orang dewasa, tetapi juga dilakukan oleh kalangan remaja” Lanjut Achmad Mubaroq, A. Md. Kep menjelaskan.

“Tindak lanjut dari hasil sosialisasi dan skrining akan dilakukan evaluasi dan koordinasi dengan pihak sekolah sebagai langkah pencegahan dari dampak buruk merokok, demi mewujudkan generasi emas yang sehat,” Jelas Achmad Mubaroq, A. Md. Kep sebagai Koordinator Program PTM Puskesmas Kalianget.

karbon monoksida yang terdapat dalam asap rokok memiliki sifat beracun, dan karsinogen yang terdapat pada rokok juga menimbulkan masalah terhadap kesehatan.

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa sosialisasi dan skrining perilaku merokok bagi pelajar itu juga disambut baik oleh para guru SMPN 1 Kalianget. “Kami berharap program yang kami laksanakan dapat didukung juga oleh semua pihak, baik lintas program maupun lintas sector sekolah lainnya ,” Ujar Salah seorang Guru SMPN 1 Kalianget. ( OYNX )

MaduraSumenep
Komen (0)
Tambah Komen