Kabupaten Solok Menerima Sertifikat Adipura 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI

Tinta Rakyat Jakarta,- Kabupaten Solok kembali meraih prestasi gemilang dengan dianugerahi Sertifikat Adipura 2023 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Pada acara yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, dan Ketua Dewan Pertimbangan Adipura Ginanjar Kartasasmita, Kabupaten Solok menjadi salah satu dari 150 kabupaten dan kota yang menerima penghargaan Adipura pada Selasa, (5/3/24).

Penilaian Adipura tahun ini melibatkan 259 Kabupaten/Kota atau 50,39 persen dari total 514 Kabupaten/Kota di Indonesia. Adipura mengedepankan prinsip Good Governance dengan melakukan monitoring dan evaluasi secara obyektif sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang berlaku.

Kabupaten Solok berhasil memperoleh Sertifikat Adipura atas upaya luar biasa dalam pengelolaan sampah dari sumbernya. Menteri LHK Siti Nurbaya menekankan bahwa program Adipura adalah instrumen penting dalam mengawasi kinerja pemerintah daerah dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau perkotaan.

“Ke depan, Adipura bisa dikaitkan untuk menjadi koridor Pembangunan Daerah. Nantinya, Adipura akan diintegrasikan dengan Program Kampung Iklim, rehabilitasi mangrove, replikasi dan restorasi ekosistem, dan kegiatan bersih sungai,” ujar Menteri LHK Siti Nurbaya.

Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin, menyambut baik kegiatan penganugerahan Adipura ini dan menekankan peran penting masyarakat dalam penanganan sampah. Kabupaten Solok, yang pertama kali menjadi titik pantau penilaian Adipura pada tahun 2023, sangat bersyukur atas penghargaan ini.

Bupati Solok, H. Epyardi Asda, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menjaga kebersihan Kabupaten Solok. Dia berharap untuk tahun depan bisa mendapatkan penghargaan lebih tinggi dengan menitikberatkan peningkatan peran masyarakat, swasta, dan seluruh instansi pemerintah dalam pengelolaan lingkungan.

Dalam penerimaan Sertifikat Adipura 2023, hadir pula Ketua TP PKK, NY. Hj. Emiko, serta sejumlah pejabat dan petugas kebersihan yang telah berkontribusi dalam menjaga kebersihan Kabupaten Solok.

Penulis: Yemrizon

Kabupaten SolokKementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RISertifikat Adipura 2023
Komen (0)
Tambah Komen