Pelaksanaan Posyandu Prima Puskesmas Kalianget di Balai Desa Kalianget

Sumenep – tintarakyat.com, Sebagai pusat layanan kesehatan masyarakat tingkat pertama, Puskesmas Kalianget menjadi ujung tombak untuk menjaga masyarakat tetap sehat. Untuk itu, perlu adanya integrasi layanan primer guna mendukung pemenuhan kebutuhan di posyandu dan puskesmas.

Pelaksanaan Integrasi layanan primer Puskesmas dilakukan di Balai Desa Kalianget, mulai dari edukasi penduduk dan tokoh masyarakat pada tahap pertama, pencegahan primer dengan penambahan imunisasi rutin di tahap kedua, skrining 14 penyakit dengan kematian tertinggi di tahap keempat, dan peningkatan kapasitas dan kapabilitas via revitalisasi jejaring, standarisasi layanan di puskesmas, posyandu, dan kunjungan ke rumah di tahap keempat. Yang terakhir sebagai integrasi layanan primer yang bermutu dan mudah diakses masyarakat. ( 14/03/2023 ) Pukul 08:00 BBWI.

 

Kepala Puskesmas ( Kapus ) Kalianget drg. Yeni Tri Suci, M.Kes, mengatakan, ” Puskesmas Kalianget mengupayakan yang dapat dilakukan puskesmas sebagai andalan primary care adalah dengan melakukan skrining kesehatan terutama pada 4 penyakit dengan prevalensi kematian tertinggi yaitu penyakit stroke, diabetes, kanker dan jantung. Selain itu, untuk memaksimalkan skrining ini” .

 

” Selain puskesmas, Posyandu Prima juga memiliki peran yang sangat penting khususnya posyandu prima dalam integrasi layanan primer ini. Skrining kesehatan dapat dilakukan di posyandu yang tersedia di desa. Dengan adanya Posyandu Prima, masyarakat diharapkan dapat melakukan skrining kesehatan awal sehingga jika ditemukan anomali akan ditindaklanjuti di Puskesmas” , ujar Kapus Kalianget.

drg. Yeni Tri Suci, M.Kes, melanjutkan keterangannya,” Cara paling mudah untuk menjaga agar masyarakat tetap hidup sehat adalah dengan memaksimalkan peran puskesmas dan posyandu. Untuk itu edukasi mengenai menjaga pola hidup sehat dengan olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat harus digalakkan. Selain skrining kesehatan, puskesmas dan posyandu prima juga harus memastikan layanan pemberian imunisasi terus berjalan sehingga dapat menjadi pencegahan dari outbreak (KLB) yang dapat menyebabkan kematian.

Mungkin bagi masyarakat awam barangkali istilah Posyandu Prima belum familiar. Posyandu Prima merupakan koordinator Posyandu yang memberikan pelayanan sesuai siklus hidup mulai dari ibu hamil sampai dengan lansia, dilakukan minimal 1 kali dalam sebulan” .

Kegiatan Posyandu Prima tersebut diperkuat dengan kegiatan kunjungan rumah oleh Kader Nakes Puskesmas Kalianget dilakukan secara terencan yang Kegiatan di Posyandu tetap dilakukan pembinaan oleh Puskesmas dan Pokjanal ( Kelompok Kerja Operasional) di wilayah kerjanya. Diharapkan dengan dilakukannya Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer dapat meningkatkan layanan kepada masyarakat sampai ke tingkat keluarga dan sesuai standar. Posyandu Prima di Kecamatan Kalianget di laksanakan setiap bulan di 7 Desa di kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep.

 

Salah seorang penduduk desa Kalianget Timur yang menikmati layanan Posyandu Prima mengomentari kegiatan tersebut, ” Saya salah satu masyarakat desa sangat gembira adanya kegiatan Posyandu Prima di desa kami, semoga menjadi kegiatan rutin bagi layanan kesehatan penduduk desa seperti kami” .

Sampai saat ini sudah tiga desa yang telah melaksanakan posyandu prima yang ke empat kalinya saat ini di Desa Kalianget Timur yang tempat pelaksanaannya di Balai Desa Kalianget Timur, Antusias masyarakat sangat tinggi dengan bukti banyak masyarakat yang melakukan pemeriksaan Kesehatan. ( Sunny )

Jawa timurKaliangetMaduraSumenep
Komen (0)
Tambah Komen