Seremoni Pergantian Jabatan Komandan Satuan Tugas FHQSU Unifil

Tinta Rakyat,- Rangkaian acara tersebut melibatkan Hand Over/Take Over (HOTO) di lapangan Garuda, Soedirman Camp. Acara ini dipimpin oleh Komandan PMPP TNI, Laksamana Muda TNI Retiono Kunto pada hari Senin, 4 Maret 2024. Sesi selanjutnya adalah Transfer Of Authority (TOA) yang dipimpin oleh Force Commander Unifil, Lieut. Gen. Aroldo Lazaro Saenz di Rub Hall, Old Camp, pada hari Selasa, 5 Maret 2024.

Setelah acara Transfer of Authority, dilaksanakan pemberian Medali Budaya dari KBRI untuk Lebanon oleh Dubes LBPP RI untuk Lebanon, Bapak Hajriyanto Y. Tohari, kepada Dansatgas Kontingen Garuda.

Acara dilanjutkan dengan pemberian Buku Satgas FHQSU berjudul “365 Hari Menjaga Perdamaian Lebanon-Israel di Naqoura Satgas FHQSU XXVI-O1 2023-2024”. Buku ini diserahkan oleh Dansatgas FHQSU, Kolonel Arm Ezra Nathanael, kepada Komandan PMPP TNI Laksamana Muda Retiono Kunto, Dubes LBPP RI untuk Lebanon Bapak Hajriyanto Y. Tohari, dan Guru Besar UGM Prof Ida Rochani Ida. Buku tersebut mengisahkan pengalaman menarik Satgas dan Prajurit FHQSU sejak krisis pada 7 Oktober 2023 hingga sekarang.

Dengan berlangsungnya acara Hand Over Take Over dan Transfer of Authority, Kolonel Inf Ghoffar, yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Operasi (Asops) Kasdam IX/Udayana, akan melanjutkan tugas sebagai Dansatgas FHQSU Unifil 2024-2025. Ia juga akan bertindak sebagai Senior National Representative (SNR)/Contingent Commander bagi Kontingen Garuda Unifil. Kolonel Inf Ghoffar berkomitmen untuk meningkatkan kinerja FHQSU dalam mendukung misi perdamaian di Lebanon serta membangun sinergi yang kuat dengan pihak dan kontingen dari negara lain yang terlibat di Unifil. (Pen Satgas FHQSU XXVI-O1).

Komen (0)
Tambah Komen