Perpustakaan Umum Sulsel Berikan Layanan Disabilitas

Perpustakaan Umum Sulsel, Jl. Sultan Alauddin Km. 7, Makassar memiliki layanan disabilitas. Ketua PERTUNI Sulsel berencana mengunjungi lokasi tersebut.
MAKASSAR, TINTARAKYAT.COM – Pemprov Sulsel melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan sejak 2001 lalu telah memberikan layanan bahan bacaan kepada masyarakat. Layanan yang saat ini bernama Perpustakaan Umum Provinsi Sulawesi Selatan tersebut terletak di Jl. Sultan Alauddin Km. 7, Makassar.
Tidak hanya menyediakan beragam bahan bacaan, namun perpustakaan ini juga menyediakan layanan tambahan untuk menunjang kenyamanan bagi pembaca. Di antaranya layanan surat kabar / tabloid, layanan majalah, layanan disabilitas, layanan penelusuran sumber informasi, dan layanan Ruang Peraga IPTEK. Hal tersebut dilansir dari laman Bengkel Narasi, yang diterbitkan oleh Suharman Musa, Admin Media Sosial Dispus-arsip Sulsel pada 26 Juli 2022.
Dirinya mengatakan, bahwa bahan bacaan dalam perpustakaan tersebut dapat diakses secara digital.
“Kami pakai Inlist Lite, dari Perpustakaan Nasional RI,” ungkapnya saat diwawancarai melalui pesan instan Facebook.
Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD PERTUNI Sulawesi Selatan, Yoga Indar Dewa tertarik jika suatu saat berkesempatan mengunjungi perpustakaan tersebut.
“Insya Allah kita akan ke sana. Kami ingin teman-teman netra bisa mendapatkan beragam bahan bacaan untuk memperkaya pengetahuan, apa lagi fasilitas tersebut sudah disediakan oleh pemerintah,” ujarnya.
Menurutnya, pembangunan perpustakaan yang ramah disabilitas sangatlah penting.
“Nanti kita perhatikan situasi di sana. Apakah sudah benar-benar aksesibel untuk teman-teman disabilitas. Terlebih lagi untuk perpustakaan yang baru-baru ini juga dibangun oleh Pemkot Makassar,” tambahnya.
Diketahui, sejak awal 2022 lalu PERTUNI Sulsel telah bertandang ke Dinas Perpustakaan Kota Makassar untuk mengajak kerja sama pemerintah dalam hal pembangunan perpustakaan yang ramah disabilitas, khususnya netra. (*)
disabilitaspemprov sulselperpustakaanperpustakaan sulselsulseltunanetra
Komen (0)
Tambah Komen