SDN 1 Ketapang Gelar Karya P5 Kurikulum Merdeka Perdana di Kecamatan Ketapang 

0 74

Tintarakyat – Lampung Selatan 

SDN 1 Ketapang Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan mulai memperkenalkan kurikulum baru yaitu Karya P5 Kurikulum merdeka ( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ) dengan sebuah pagelaran acara seni budaya yang berlangsung di halaman SDN 1 Ketapang. Sabtu ( 15/06/2024 ).

Tari adat Lampung “Sigeh Pengunten” dengan iringan musik tradisional mengawali gelaran karya P5 tahun 2024 perdana di SDN 1 Ketapang kecamatan Ketapang Lamsel.

Berbagai seni tari budaya dan tari kreasi di mainkan dengan begitu apik dan memukau oleh siswa siswi SDN 1 Ketapang yang beberapa hari lalu di tempa oleh tangan tangan dingin dewan guru wali kelas di bawah pimpinan kepala sekolah A. Sidi, S.Pd.

Selain Kepala Sekolah dan jajaran dewan guru SDN 1 Ketapang, acara tersebut di hadiri Kepala Desa Ketapang Hamsin beserta Ketua TP-PKK Desa Ketapang Masruroh, Ketu paguyuban walimurid Robil Hidayat, bunda PAUD, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta walimurid dari kelas I sampai kelas VI.

A. Sidi selaku kepala sekolah SDN 1 Ketapang mengucapkan rasa terimakasihnya kepada kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama bunda PAUD serta wali murid dari kelas I sampai kelas VI atas antusias dalam mendukung kegiatan program karya merdeka P5 melalui wali kelas masing masing.

Dalam momen itu, Kepsek A. Sidi menyampaikan bahwa 45 murid SDN 1 Ketapang pada tahun ajaran 2023/2024 dinyatakan lulus semua.

“Acara hari ini adalah pelajaran karya P5 Kurikulum kurikulum merdeka yang mempelajari semua budaya yang ada di Indonesia yang di praktekkan langsung oleh anak anak kita. Kemudian anak anak kita juga mempelajari makanan khas adat setiap daerah dan di praktekkan langsung dan di tampilkan masing masing kelas.Saya selaku penanggung jawab dalam kegiatan ini mengucapkan banyak terimakasih khususnya kepada para wali kelas, wali murid yang telah bekerjasama  mendukung dan mensukseskan gelar karya P5 ini“. Ucap A. Sidi.

“Di kecamatan Ketapang kita sebagai contoh pertama yang menggelar Karya P5 ini. Mudah mudah pada tahun ini kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran di masa depan demi mendukung generasi penerus bangsa kedepannya“. Pungkas A. Sidi.

Sementara Indah Handayani, S.Pd selaku koordinator acara Gelar Karya Merdeka P5 mengucapkan terimakasih kepada segenap dewan SDN 1 Ketapang dalam mendidik murid murid dengan dedikasi tinggi memberikan sumbangsihnya baik tenaga, pikirannya maupun materi dalam mendung sukses nya acara di SDN 1 Ketapang.

Dikatakan Indah Handayani, bahwa Proses pembelajaran di Kurikulum Merdeka ditujukan untuk mewujudkan pembelajaran siswa yang holistik dan kontekstual. Sehingga pembelajaran semakin bermanfaat dan bermakna bagi siswa, bukan hanya sekedar hafal materi saja

“ Kegiatan hari ini adalah gelar karya P5 (Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Dengan tema *Bhineka Tunggal Ika dan Kewirausahaan* Detail kegiatannya adalah :

1. Fashion show baju adat

2. Penampilan tarian daerah

3. Bazar makanan daerah“. Ucap Indah Handayani.

Lebih lanjut Indah Handayani memaparkan bahwa di gelarnya karya merdeka P5  bertujuan 

A. Agar peserta didik mampu memahami keberagaman budaya masyarakat Indonesia dan bagaimana menyikapinya sesuai dengan semboyan negara kita yaitu bhineka tunggal ika

B. Kewirausahaan bertujuan ditujukan untuk membekali siswa dengan kemampuan hidup yaitu menjadi mandiri dan mampu menghadapi perubahan yang sering terjadi. Hasilnya, penerapan P5  kewirausahaan memberikan dampak positif yaitu membentuk karakter dan perilaku peserta didik dalam berwirausaha.

Harapannya adalah Kegiatan projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini memberikan bekal pengalaman belajar peserta didik yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di masa sekarang dan masa depan sehingga mewujudkan profil seorang pelajar Pancasila sehingga terbentuk enam dimensi dalam diri seorang pelajar Pancasila tersebut. Keenam dimensi tersebut adalah beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, kebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

“Saya ucapkan terimakasih kepada bapak ibu walimurid, karna tanpa bapak ibu semua, acara ini tidak dapat di laksanakan. Acara  gelar karya merdeka P5 ini  baru pertama kalinya di laksanakan di SDN 1 Ketapang, mohon  maaf atas segala kekurangan jika tak sesuai harapan bapak ibu semua“. Pungkas Indah Handayani.

Kepala Desa Ketapang Hamsin dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan dukungannya kepada  SDN 1 Ketapang. Dimana ia ingin di desa Ketapang tidak ada lagi anak anak yang putus sekolah. Hamsin pun mengungkapkan ke keinginannya untuk membantu anak anak di desa Ketapang yang berprestasi dengan mendukung dunia pendidikan di desa Ketapang. ( Adi)

 

Slider Ads

20220426_150049
IMG-20231026-WA0031
IMG-20231026-WA0032
20220426_150049 IMG-20231026-WA0031 IMG-20231026-WA0032

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More