Hujan Lebat Semalam Suntuk, Rendam Rumah dan Lahan Persawahan di Kecamatan Ketapang Lamsel 

Tintarakyat – Lampung Selatan 

Setelah Kawasan Bandar Lampung dan Wilayah Kecamatan Natar di kepung banjir yang viral di medsos, kini wilayah kecamatan Ketapang Lampung Selatan juga di kepung banjir.

Guyuran hujan lebat semalam suntuk  berakhir dengan merendam puluhan rumah dan ratusan hektar lahan persawahan di Kecamatan Ketapang kabupaten Lampung Selatan.

Pantauan langsung awak media di lokasi, luapan sungai kali asin yang ada di desa Pematang Pasir Kecamatan Ketapang tak mampu menampung debit air hujan, dan di perparah kiriman air hujan dari hulu hingga berimbas merendam perumahan warga dan terdapat Pondok Pesantren Hidayatussalikin yang terletak di RT 06 RW 01 Desa Pematang Pasir Kecamatan Ketapang Lamsel.

Kades Pematang Pasir Darto Wasono,S.Pd saat di konfirmasi di lokasi mengatakan, terdapat kurang lebih 70 KK ( Kepala Keluarga) dan kurang lebih 240 jiwa dan kemungkinan masih akan bertambah.

“Untuk makan konsumsi warga yang terdampak banjir, kita sudah siapkan (beli)  nasi bungkus karna darurat. Dan kita juga sudah mulai menyiapkan dapur umum di rumah pak Kadus“. Ucap Darto Wasono. Rabu (28/02/2024) pukul 09.00 wib

Di Lokasi yang sama, Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Ketapang NS. Zimmer bersama jajaran telah stanbay dalam melayani keluhan dan penyakit imbas banjir.

“ Jajaran kita stanbay disini guna melayani warga terdampak banjir, dan mengantisipasi siapa tau ada korban. Terdapat empat orang yang sakit seperti pegal pegal, gatal gatal, imbas terdampak banjir “. terang KUPT Puskesmas Ketapang.

Sementara, di desa Sido Asih banjir merendam perumahan warga dan sekolah MTs/SMA Roudhotul Ulum serta lahan pertanian.

Demikian juga yang terjadi di Desa Wai Sidomukti Kecamatan Ketapang, banyak rumah dan sawah warga juga mengalami kebanjiran.

Dari informasi yang masuk ke awak media, banjir juga memutus jalan di Desa Sumbernadi.

Luapan banjir juga merendam ratusan hektar lahan di desa kecamatan Ketapang lainnya.

Bupati Lamsel Nanang Ermanto juga hadir kunjungi lokasi banjir, bersama instansi terkait antara lain:

Kapolsek Penengahan AKP Mustholih – Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusron, Plh Koramil 421-/Pnh – Peltu Gatoh.H, Dandim 0421/Ls Letkol Inf. Esnan Haryadi, Pemerintah Kecamatan Ketapang, Satpol-PP Kecamatan Ketapang dan, UPT Puskesmas RI Ketapang dan satker lainnya terjun berjibaku membantu warga yang terdampak banjir.(Adi)

 

#banjirkecamatanketapang #pematangpasir #waysidomukti #sidoasih #lampungselatan
Komen (0)
Tambah Komen