Resmi Dikukuhkan: Kepengurusan DPP-KJI dan DPW Sumbar Periode 2024-2027

Tinta Rakyat Sumbar,- Kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat Kolaborasi Jurnalis Indonesia (DPP-KJI) periode 2024-2027 resmi dikukuhkan oleh Ir. Basril Basyar, MM, selaku Dewan Kehormatan organisasi KJI. Prosesi pengukuhan serta penyerahan bendera petaka simbol organisasi tersebut berlangsung di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center Kota Padang, Sumatera Barat pada Sabtu, (29/6/24).

Setelah resmi dikukuhkan, Ketua DPP-KJI, Jongguk Maransi Siagian, kemudian melantik kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang dikomandoi oleh Peter Prayuda, Sukra Rahmat Putra S.Kom sebagai Sekretaris, dan Ridwan Syafriandi S.IP sebagai Bendahara.

Hadir dalam acara tersebut, beberapa pejabat Pemprov Sumbar yang mewakili Gubernur, Kapolda Sumbar yang diwakili Kabid Humas Kombes Pol Dwi Sulistyawan, Kapolresta Padang yang diwakili Kasi Humas Polresta Padang Ipda Yanti Delfina, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Padang, Wismelliar Teinike Yulvera, serta perwakilan dari beberapa LSM di Kota Padang.

Mewakili Kapolda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan dalam sambutannya mengajak insan pers untuk senantiasa mendukung program pemerintah dan menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik demi citra, kredibilitas, dan integritas wartawan.

“Atas nama Polda Sumbar, saya mengucapkan selamat kepada pengurus KJI yang baru dikukuhkan. Semoga dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab membawa organisasi ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Selain itu, Kombes Pol Dwi Sulistyawan menegaskan bahwa apabila terjadi persoalan antara wartawan dan anggota personil kepolisian di bawah jajaran Polda Sumbar, dan ada rekomendasi dari organisasi kewartawanan KJI, pihaknya akan segera menindaklanjuti.

Pada kesempatan tersebut, Deni Handani, salah satu founder KJI, memaparkan sejarah berdirinya organisasi kewartawanan ini hingga berbadan hukum dengan SK Menkumham Republik Indonesia No. AHU.0011133.AH.01.07.TAHUN 2023 (Akte Pendirian Tanggal 25 November 2023, No. 35), NPWP – 01.927.644.3-201.000. Ia menegaskan bahwa keberadaan KJI merupakan sejarah bagi insan pers di Sumbar, karena KJI adalah satu-satunya organisasi pers yang DPP-nya berada di Sumbar.

“Dengan terselenggaranya prosesi pengukuhan ini, kalau sebelumnya KJI merekrut anggota, ke depannya KJI yang akan dilirik anggota,” harap Deni Handani.

Terpisah, Andarizal, Ketua Founder KJI, meminta kepada semua pengurus yang telah dikukuhkan untuk lebih serius dalam mengembangkan sayap organisasi dan tidak berpangku tangan. “Kita mempunyai target untuk merapat ke Dewan Pers,” jelasnya.

Andarizal juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah berkontribusi terhadap acara pengukuhan kepengurusan organisasi kewartawanan Kolaborasi Jurnalis Indonesia (KJI). “Saya, sebagai ketua founder KJI, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini,” katanya. (Zulfidial, SH)

Dpp-KjiKota Padang
Komen (0)
Tambah Komen