Bersama UPT Puskesmas Kecamatan Ketapang, Pemdes Berundung Gelar Rembuk Stunting 

Tintarakyat – Lampung Selatan 

Program pemerintah pusat dalam mencegah dan menanggulangi Stunting terus bergulir guna mencetak generasi emas bebas Stunting.

Dalam mendukung program Stunting di Lampung Selatan, Pemerintah Desa ( Pemdes ) Berundung bersama Unit Pelaksana Teknis ( UPT ) Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Ketapang bersama stakeholder terkait menggelar Rembuk Stunting Tahun 2024. Acara berlangsung di Balai Desa Berundung . Senin  (01/07/2024).

Pada Rembuk stunting tersebut mengangkat tema ” Cetak Generasi Emas Bebas Stunting “.

Selain Kepala Desa Berundung H. Sultan, dan jajarannya, acara tersebut dihadiri Sekretaris Camat ( Sekcam ) Ketapang Elhayati, SE mewakili camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto, S.T.P, Kepala Unit Pelaksana Teknis ( KUPT ) Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Ketapang Ns. Zimmer Fernando Marpaung, SKep, MKM, Pendamping Lokal Desa ( PLD ) Ahmad Efendi, serta ibu ibu penggerak PKK Desa Berundung serta bidan Desa.

Pihak tim kesehatan Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Ketapang memberikan pemaparan dan penjelasan secara  terperinci prihal Stunting dan penanganannya.

Selaku Kepala Desa Berundung, H. Sultan kepada pewarta mengatakan siap mendukung berjalannya program tersebut bekerjasama dengan uspika kecamatan Ketapang serta kepala UPTD di Kecamatan Ketapang.

“Kami dari Pemerintah Desa Berundung siap mendukung program pemerintah sesuai arahan Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, demi Lampung Selatan zero stunting, karna ada dalam Anggaran Dana Desa juga”.Ucap H. Sultan.

Kalimat senada juga dikatakan Sekretaris Camat Elhayati mewakili camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto yang terus memberikan support prihal penangan Stunting di wilayah kecamatan Ketapang.

“Hasil rembuk Stunting pada hari ini akan di sampaikan pada Musyawarah Desa ( Musdes ) RAP ( Rencana Anggaran Perencanaan ) tahu 2025.

Dengan di gelarnya rembuk Stunting ini, kami mewakili camat Ketapang terus memberikan support kepada pemerintah desa, ketua TP-PKK Desa, Kader Kesehatan, Kader Posyandu desa untuk terus memantau perkembangan ibu hamil sejak dini dalam memberikan asupan vitamin demi mencegah adanya Stunting. Harapan kita pada tahun 2024 Lampung Selatan khusus di wilayah kecamatan Ketapang zero stunting “. Ujar Elhayati.

Ia melanjutkan, “Alhamdulilah pada Sabtu (29/06/2024) lalu bapak bupati kita mendapatkan tanda kehormatan Satyalancana Wirakarya dari bapak presiden Joko widodo terkait swasembada pangan yang berkaitan dengan program stunting satu satunya dari Sumatera yang mendapat penghargaan“. ucap Elhayati.

Elhayati juga memberikan informasi bahwa pada bulan Agustus 2024 akan ada kunjungan dari Kabupaten terkait K3 ( Kandang, Kebun, Kolam) yang berkaitan dengan ketahan pangan untuk kemandirian masyarakat guna memenuhi gizi dalam menanggulangi Stunting. (aks/adi)

 

#rembukstunting #desaberundung #kecamatanketapang #lampungselatan
Komen (0)
Tambah Komen